Harga Roti Buaya Terbaik РJika Anda sudah pernah menghadiri atau melihat acara pernikahan dengan adat Jawa, maka mungkin juga biasa melihat ondel-ondel, roti buaya dan palang pintu. Semua hal tersebut dalam budaya Betawi memiliki makna atau filosofi  yang bagus. Salah satunya juga termasuk roti buaya yang memiliki makna atau filosofi berupa lambang kesetiaan.

Roti buaya biasanya akan dibawa oleh pengantin pria sebagai bagian dari seserahan yang akan diberikan pada pihak pengantin wanita. Untuk ukurannya sendiri cukup besar yaitu sekitar sebesar balita dan dibungkus di atas nampan dengan plastik bening sebagai penutupnya.

Harga Roti Buaya Terbaik

Dalam pembuatannya ada yang sengaja dibuat dengan tekstur yang keras. Namun ada juga yang membuatnya seperti roti biasa dengan berbagai macam rasa atau isian. Dalam adat Betawi, roti buaya ini memiliki makna yang cukup dalam.

Kebanyakan orang mungkin berpikir buaya adalah simbol atau memiliki makna yang negatif yaitu laki-laki yang suka berselingkuh. Akan tetapi simbol ini berbeda dengan adat atau budaya masyarakat Betawi. Buaya memiliki makna berupa kesetiaan. Hal ini dikarenakan hewan buaya hanya memilih satu pasangan saja untuk seumur hidupnya.

Jika hal ini dikaitkan dengan acara pernikahan, maka diharapkan pernikahan kedua mempelai tersebut akan selalu awet dan harmonis. Biasanya roti buaya yang sudah diserahkan akan disimpan hingga lapuk atau rusak. Sedangkan ada juga yang membagikannya kepada para tamu khususnya yang masih lajang. Harapannya adalah supaya bisa segera mendapatkan jodoh dan menyusul seperti kedua mempelai tersebut.

Biasanya orang-orang lebih memilih untuk memesan roti buaya dengan harga roti buaya terbaik untuk pernikahan yang terjangkau. Namun selain memilih harga yang terjangkau juga harus memastikan jika kualitasnya bagus atau terjamin.

Perbedaan Dua Model Membuat Roti Buaya

Dalam pembuatan roti buaya ada dua model dan juga cara yang biasanya digunakan

  1. Roti buaya memiliki dua model yang biasanya diberikan kepada pengantin wanita. Model pertama adalah yang berukuran besar dimana hal tersebut sebagai simbol pengantin pria. Sedangkan model yang kedua ukurannya lebih kecil dimana sebagai simbol untuk pengantin wanita.
  2. Ukuran model pertama atau yang paling besar biasanya sebesar balita. Rombongan laki-laki yang pertama atau yang paling depanlah yang akan membawanya.
  3. Untuk cara pembuatannya sendiri ada dua macam. Pertama adalah dibuat sekeras mungkin dan tidak menggunakan isi. Hal ini karena memiliki makna atau arti filosofis dimana roti yang keras akan bertahan lebih lama dan diharapkan juga pada rumah tangga pengantin baru agar bisa bertahan hingga lama.
  4. Sedangkan untuk cara yang kedua adalah dibuat seperti roti biasanya yang empuk. Bahkan sekarang sudah ada inspirasi untuk menggunakan berbagai macam rasa atau isian untuk roti buaya tersebut. Roti buaya yang satu ini bisa dimakan dan biasanya akan diberikan kepada para tamu terlebih yang masih lajang.

Pesan Roti Buaya yang dapat diantar

Cara atau Langkah-langkah Membuat Roti Buaya

Membuat roti buaya memang susah-susah gampang. Bahan yang dibutuhkan cukup gampang seperti membuat roti pada umumnya. Namun untuk membentuknya menjadi seperti hewan buaya inilah yang cukup membutuhkan keahlian.

Itulah mengapa harga roti buaya terbaik online biasanya berbeda jika Anda membelinya secara langsung dari toko:

  • Pertama adalah dengan membagi adonan yang sudah kalis menjadi beberapa bagian. Seperti bagian badan yang lebih besar atau banyak, empat bagian kaki, dan mata yang lebih sedikit. Untuk bagian mata, Anda bisa menambahkan pewarna makanan merah dan coklat untuk membuatnya lebih nyata ketika dipasangkan nanti.
  • Untuk bagian badannya dibentuk menjadi lonjong terlebih dahulu. Kemudian berikan isian sesuai yang Anda inginkan.
  • Selanjutnya gulung dan bentuk hingga seperti badan buaya. Untuk bagian kaki depan dan belakangnya, Anda bisa membentuknya menjadi lonjong terlebih dahulu. Kemudian satukan bagian kaki tersebut dengan badan buaya.
  • Untuk bagian atas buaya agar menyerupai sisik, buatlah dari adonan yang sudah digiling memanjang dan letakkan di bagian atas badan buaya.
  • Terakhir beri bagian mata dan juga mulut untuk membuatnya lebih terlihat nyata. Untuk membuat sisiknya seperti asli, gunakan gunting dan potong dengan gunting . mulai bagian kepala hingga bagian ekornya.
  • Untuk membedakan antara roti buaya laki-laki dan perempuan Anda bisa menggunakan pita pada bagian roti buaya perempuan yang lebih kecil.
  • Panggang roti dengan suhu sekitar 150 derajat Celsius dengan waktu 10 hingga 15 menit hingga matang dan warnanya berubah menjadi kecokelatan. Jika sudah matang bungkus menggunakan nampan dan plastik bening serta pita untuk menambah tampilannya yang menarik.

Ukuran dari roti buaya sendiri bisa Anda sesuaikan dengan permintaan pelanggan. Harga roti buaya terbaik murah biasanya juga disesuaikan dengan ukuran roti dan juga varian rasa atau isian yang digunakan.

Dalam adat atau budaya pernikahan masyarakat Betawi, roti buaya memang sangat tidak bisa dipisahkan. Bahkan bisa menjadi salah satu syarat seserahan yang diberikan dari pengantin laki-laki kepada pengantin wanita. Itulah mengapa walaupun sudah agak jarang ditemukan toko yang secara langsung menjual roti buaya, namun Anda masih bisa menemukannya secara online. Biasanya juga ada beberapa toko roti biasa yang bersedia untuk membuatkan roti buaya sesuai dengan pesanan Anda.

Berapa Barga Roti Buaya Terbaik Saat Ini?

Harga roti buaya saat ini tergantung dari tempat pemesanan catering. Untuk jasa catering Pesanrotibuaya.com, Anda bisa memesan roti buaya untuk lamaran atau pernikahan dan acara lainnya dengan harga Rp 500.000,-. Harga tersebut sudah harga 1 paket yaitu sepasang roti buaya besar dan sepasang roti buaya kecil. Roti buaya ini tanpa pengawet, namun masih bisa tahan kurang lebih 3 hari di suhu ruangan.

Pesan sekarang juga, apalagi tidak hanya harga roti buaya terbaik yang murah saja yang bisa Anda dapatkan. Tersedia gratis ongkir untuk pengiriman Jadetabek.