Roti Buaya Adat Betawi – Di dalam pernikahan adat Betawi kita seringkali menemukan roti buaya disajikan sebagai roti tradisional yang harus ada. Lalu kenapa roti buaya selalu dihadirkan dalam acara pernikahan atau lamaran yang menggunakan adat Betawi? Rupanya roti ini menjadi salah satu bentuk seserahan atau wejangan dari pengantin pria ke pengantin wanita. Biasanya hal ini dilakukan orang Jakarta asli yang hendak melangsungkan pernikahan atau lamaran dengan memakai adat Betawi.

Roti Buaya Adat Betawi

Apa Makna Di Balik Roti Buaya Adat Betawi Dalam Pernikahan Dan Lamaran?

Roti buaya ini tidak untuk dikonsumsi oleh calon pengantin, melainkan dibagikan kepada para tamu undangan yang masih lajang alias ‘jomblo’. Harapannya dengan menerima roti tersebut mereka segera mendapatkan jodoh dan akan segera menyusul menikah.

Sejarah roti buaya adat Betawi ini sendiri mulai dibagikan pada acara-acara pernikahan dan lamaran ketika bangsa Eropa masuk ke tanah air. Saat itu masyarakat Jakarta mengenal adanya kebudayaan roti buaya yang berhasil membawa pengaruh dan perubahan pemikiran pada rakyat Jakarta asli yaitu orang Betawi bahwa di dalam setiap pernikahan, harus ada tanda atau simbol yang mewakili sebuah acara sakral.

Simbol pernikahan yang dipunyai oleh orang Eropa pada waktu itu adalah bunga. Itulah sebabnya masyarakat Betawi yang merasa tak ingin kalah maka turut mengambil sebuah tanda/ simbol pernikahan dan dipilihlah roti buaya ini yang sampai sekarang masih digunakan. Namun mereka mengambil simbol roti buaya ini tidak sembarangan karena terdapat maknanya tersendiri.

Konon menurut kepercayaan yang diyakini oleh orang Betawi, makna dari roti buaya adat Betawi dalam pernikahan ini sebagai simbol kesetiaan dan kemapanan hingga akhir nanti. Makna tersebut diambil dari rotinya dimana biasanya pada jaman itu hanya orang bangsawan saja yang memakan roti. Sementara itu makna kesetiaan diambil dari buayanya karena diketahui bahwa semasa hidupnya buaya hanya menikah satu kali seumur hidupnya.

Dan makna serta filosofi inilah yang menjadi alasan kenapa roti buaya masih dipakai sampai sekarang oleh masyarakat Jakarta Betawi. Harapannya tentu agar kedua mempelai bisa mapan dan setia sampai akhir.

Pesan Roti Buaya Adat Betawi Untuk Lamaran / Pernikahan

Roti buaya sendiri juga bisa dibilang sebagai simbol cinta dari pasangan yang memberikan. Biasanya mereka yang ingin mengadakan acara lamaran/ pernikahan akan pesan roti buaya adat Betawi sebanyak 2 buah karena memang harus sepasang. Untuk roti buaya betina ukurannya akan lebih kecil daripada roti buaya jantan. Roti buaya betina ini umumnya diletakkan di samping roti buaya jantan ataupun di atas punggungnya. Tentunya hal ini menyimbolkan kesetiaan dalam berumah tangga sampai beranak cucu.

Apakah Anda tahu bahwa pada awalnya roti buaya dibuat dengan tekstur yang keras bahkan dibiarkan sampai membusuk. Alasannya karena hal itu menjadi perlambang supaya rumah tangga bisa tetap awet hingga akhir hayat. Namun kini di jaman modern, jasa catering yang jual roti buaya biasanya membuat teksturnya sekarang jadi lembut dan mudah dimakan. Roti tersebut nantinya akan dibagi-bagikan kepada para kerabat atau tamu undangan yang belum menikah atau masih lajang.

Kami Jual Roti Buaya Adat Betawi

Roti buaya memang menempati posisi yang penting dalam acara pernikahan adat Betawi. Dan membuatnya pun juga tak boleh sembarangan karena ini sebagai bentuk bawaan kepada mempelai wanita. Roti yang dibuat tidak hanya harus enak, tapi juga bentuknya rapi dan bersih.

Kami adalah jasa catering Pesanrotibuaya.com yang menawarkan pembuatan roti buaya untuk acara pernikahan atau lamaran Betawi yang bisa Anda pesan sekarang juga! Kami merupakan catering khusus roti buaya yang sudah berpengalaman di bidangnya. Dengan harga yang terjangkau dan pilihan rasa berbeda, ada paket menu roti buaya yang bisa Anda pilih sendiri sesuai dengan selera untuk mengesankan calon pasangan Anda!

Roti buaya kami selain empuk juga cantik dan lezat. Roti buaya akan dibungkus dan dihiasi supaya terlihat lebih mengesankan dan rapi serta tidak kotor ketika dikirimkan. Berikut ini rasa roti buaya yang dapat diorder, antara lain:

  1. Roti buaya original/ tanpa isi
  2. Roti buaya keju
  3. Roti buaya cokelat
  4. Roti buaya bluberry
  5. Roti buaya stroberi
  6. Roti buaya kombinasi keju dan cokelat

Pesan roti buaya adat Betawi ini sekarang juga, kami menerima pemesanan paling lambat H-2 sebelum acara lamaran/ pernikahan. Roti buaya akan dibuat langsung fresh from the oven di hari-H sehingga ketika datang masih enak. Tersedia ukuran roti buaya besar yaitu kurang lebih 80 cm dan roti buaya ukuran kecil sekitar 40 cm. Silakan Anda melakukan pemesanan sekarang juga melalui nomer kontak di 0812-9043-2012 atau bisa juga kunjungi alamat catering kami yang berlokasi di Jalan Merak 3 No. 55 Komplek Inkopol Jakasampurna Bekasi Barat.

Sending
User Rating 5 (1 vote)