Roti Buaya Cipete – Kehadiran roti buaya dalam acara pernikahan serta lamaran membuat suasana menjadi lebih sakral. Karena roti buaya merupakan lambang atau simbol kesetiaan pasangan suami istri hingga akhir hayat. Hingga kini pun roti buaya dijadikan hantaran lamaran atau pernikahan dari calon mempelai laki-laki kepada calon mempelai perempuan khususnya bagi budaya atau adat istiadat Betawi.

Roti buaya ini dibuat dari adonan yang kenyal, kemudian dibentuk menjadi seperti buaya. Awalnya adonan roti dibentuk mulai dari badan buaya terlebih dahulu, kemudian lanjut ke kaki-kakinya dan setelah itu bagian-bagian yang terpisah disatukan. Adonan yang sudah dibentuk, kemudian ditaruh di loyang besar yang dapat menampung 1 roti buaya besar dan 1 roti buaya kecil. Tak ada cetakan dalam membuat adonan roti buaya sama sekali, semuanya dibuat secara manual dengan tangan.

Roti Buaya Cipete

Inilah sebabnya ketika membuat roti buaya, yang diandalkan adalah kemampuan si pembuat dalam berkreasi dan pengalamannya ketika membentuk adonan. Kuku tangan dan kaki serta sisik dari adonan buaya biasanya dibuat dengan cara menggunting adonannya. Hasilnya jadi seperti buaya yang asli.

Roti Buaya Harus Tetap Dilestarikan

Roti buaya memang sebaiknya harus tetap dilestarikan dalam berbagai macam adat lamaran dan pernikahan Betawi. Sayangnya seiring berkembangnya jaman dan masuknya kue-kue atau roti kekinian serta modern bergaya Eropa membuat roti buaya khas Betawi lambat laun menjadi jarang terlihat. Padahal masih banyak jasa catering roti buaya Cipete yang menjajakan roti buaya untuk lamaran dan pernikahan.

Untungnya masih ada orang yang tetap pesan roti buaya untuk menjaga ciri khas dan kelestarian adat lamaran dan pernikahan Betawi. Mereka memakai roti buaya sebagai hantaran spesial. Seiring dengan perkembangan jaman pun, roti buaya dibuat dengan banyak kreasi. Mulai dari isian roti buaya yang enak dan bermacam-macam seperti selai buah, cokelat maupun keju. Hal ini supaya roti buaya bisa dimakan dengan enak dan tidak kalah saing dengan roti modern dan kekinian.

Lalu soal ukurannya, jaman dahulu roti buaya sering dibuat dengan ukuran yang amat besar, panjangnya bisa satu meter sendiri bahkan lebih. Namun kini sudah ada inovasi dimana roti buaya dibuat versi kecilnya sehingga lebih praktis dikonsumsi oleh masyarakat. Selain itu, sekarang juga ada yang menjajakan roti buaya Cipete murah untuk konsumsi sehari-hari dan tidak hanya dihidangkan sebagai hantaran pada acara lamaran atau pernikahan saja. Harganya juga lebih terjangkau dari roti buaya untuk hantaran.

Sebetulnya roti buaya juga bisa dihidangkan tak hanya oleh warga Betawi saja. Siapa pun dapat menikmati roti buaya ini. Rasanya yang manis dengan isian yang menggoyang lidah membuat banyak orang menyukai roti buaya. Roti buaya bahkan sangat nikmat dimakan sebagai camilan dalam kesempatan apapun. Entah untuk menemani minum teh atau minum kopi di sore hari sambil bersantai. Roti ini bisa membuat suasana lebih nyaman, apalagi waktu kumpul-kumpul.

Tradisi roti buaya memang sebaiknya tetap harus terus dijaga sampai kapan pun. Jangan sampai hilang ditelan oleh perubahan jaman. Meski saat ini banyak sekali kue-kue atau roti model baru, namun kelestarian roti buaya harus tetap ada. Anak dan remaja juga perlu untuk diperkenalkan dengan roti buaya. Mereka perlu mengenal kekhasan dan lambang dari roti itu. Akan bagus kalau mereka nanti berencana pesan roti buaya Cipete ketika suatu hari melangsungkan pernikahan atau lamaran. Jangan sampai acara lamaran atau pernikahan, hanya diramaikan oleh kue dan roti modern saja.

Jasa Catering Roti Buaya Cipete

Jasa catering roti buaya Cipete menawarkan paket roti buaya dengan harga terjangkau yang bisa dipesan minimal H-1 acara seharga Rp 500 ribu per paketnya. Kalau Anda mau turut serta melestarikan roti buaya khususnya dalam acara lamaran dan pernikahan, maka Anda bisa pesan saja di kami.

Roti buaya yang kami tawarkan beraneka macam rasa, mulai dari roti buaya original / tanpa isi maupun dengan isian, seperti:

  • Cokelat
  • Stroberi
  • Keju
  • Blueberry
  • Kombinasi cokelat dan keju

Sebaiknya jika ingin pesan paling lambat H-2 acara, bahkan kalau Anda pesan H-3 bisa mendapatkan promo diskon sebesar 10% sendiri. Jadi, lebih terjangkau dan murah, bukan?

Keunggulan paket roti buaya Cipete yang kami tawarkan, antara lain yaitu:

  1. Pengiriman bisa dilakukan H-1 di malam hari.
  2. Pengiriman ke area Jadetabek gratis ongkir (ongkos kirim) sehingga Anda bisa lebih menghemat biaya.
  3. 1 paket roti buaya yang dibeli terdiri dari 1 pasang roti buaya besar dan 1 pasang roti buaya kecil. Jadi paket roti buaya Anda sangat lengkap karena totalnya jadi 4 roti buaya. Roti buaya besar berukuran kurang lebih 80 cm, sedangkan ukuran yang kecil kurang lebih 40 cm.
  4. Roti buaya dibuat langsung sebelum dikirim alias fresh from the oven. Roti buaya dibuat tanpa bahan pengawet sehingga aman untuk dikonsumsi bagi kesehatan. Karena tanpa bahan pengawet, roti buaya dapat bertahan sampai 3 hari di suhu ruangan.

Untuk melakukan pemesanan roti buaya sangatlah mudah, Anda cukup menghubungi customer service (CS) kami secara online di nomer kontak atau lewat e-mail.

Pesan roti buaya Cipete dan area sekitarnya sekarang juga dijamin akan lebih mudah dan cepat daripada Anda harus memasak dan membuat roti sendiri di rumah. Roti dijamin dibuat dari bahan yang halal dan rasanya enak dengan bungkus dan hiasan yang cantik. Langsung dapat digunakan sebagai hantaran.

Sending
User Rating 5 (1 vote)