Roti Buaya Condet – Bagi Anda yang ingin mengadakan acara lamaran atau pernikahan adat Betawi di area sekitaran Jakarta Timur seperti Condet, maka jangan lupa membawa seserahan roti buaya dari kami. Roti buaya adalah salah satu ciri khas hantaran bagi pernikahan Betawi asli yang sudah lama ada. Seperti namanya, roti ini berbentuk buaya yang disajikan bisa dengan isian atau tanpa isian.

Roti Buaya Condet

Roti Buaya Tradisional Adat Betawi

Sebagai roti tradisional dari Betawi, roti buaya memiliki makna tersendiri dan mengapa hantaran ini begitu penting. Roti buaya adalah roti yang mempunyai makna atau simbol ‘kesetiaan’. Hal ini karena buaya dipercaya menjadi hewan yang hanya menikah satu kali saja dengan pasangannya seumur hidup. Itulah sebabnya, kala calon pengantin pria hendak melamar atau menikah dengan pengantin wanita, mereka akan membawa sepasang roti buaya. Jadi, ini seperti simbol bahwa pasangan pengantin itu diharapkan akan selalu setia sampai akhir hayat.

Tidak hanya itu, roti buaya juga memberi makna dan harapan agar pasangan pengantin kelak sudah membina rumah tangga diharapkan akan selalu mapan. Hal ini karena pada jaman dahulu, saat tanah air kedatangan bangsa Eropa, hanya orang-orang bangsawan yang notabene kaya raya saja yang bisa makan roti. Itulah sebabnya ‘roti’ dari roti buaya ini menyimbolkan ‘kemapanan’.

Roti buaya Condet enak tersebut nanti akan dibagi-bagikan kepada para kerabat dan tamu undangan yang masih lajang. Dengan harapan mereka akan segera memperoleh jodoh dan menikah. Meski begitu, pada jaman dahulu roti buaya sebenarnya tidak untuk dimakan apalagi dibagikan. Roti buaya pada dahulu kala justru dibuat sekeras mungkin. Makin keras roti buaya malah makin baik. Nantinya roti itu akan dibiarkan terus menerus bahkan sampai membusuk. Inilah juga yang jadi perlambang pernikahan agar pasangan terus setia dan awet sampai akhir hayat mereka.

baca juga  Pesan Roti Buaya di Jakarta Utara

Tips Membeli Roti Buaya Condet di Jasa Catering

Saat dibuat, adonan dari roti buaya akan dibentuk sekenyal mungkin agar lebih gampang untuk dibentuk menjadi hewan buaya. Ukurannya sendiri berbeda-beda, ada yang berukuran kurang lebih 40 cm, 80 cm, tapi ada juga roti buaya ukuran besar yang nyaris mencapai 1 meter.

Roti buaya ini nanti akan dibuat sepasang, ada roti buaya jantan dan roti buaya betina. Lalu ada di atasnya sering ditaruh anak buaya. Ukuran roti buaya jantan sendiri biasanya memiliki ukuran yang terbesar dibandingkan roti buaya betina. Anda bisa memesan atau beli roti buaya Condet di jasa catering. Berikut hal yang harus diperhatikan saat ingin memesan roti buaya:

  1. Ukuran roti buaya

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, roti buaya ini memiliki ukuran yang berbeda-beda tergantung pesanan pembeli. Ada yang berukuran nyaris mencapai 1 meter. Kalau Anda mau pesan makanya harus tahu betul ukuran roti buaya berapa besar yang bisa dibuat dan ditawarkan oleh jasa catering. Di Pesanrotibuaya.com sendiri tersedia paket roti buaya dengan ukuran kurang lebih 40 cm dan 80 cm.

  1. Isian roti buaya

Roti buaya bisa diisi dengan bermacam-macam isian untuk membuat cita rasanya semakin enak. Contohnya seperti roti buaya Condet aneka rasa dengan isian selai stroberi, blueberry dan coklat. Lalu ada juga roti buaya beraneka macam rasa yang diisi dengan keju kalau Anda tak terlalu menyukai rasa manis dari selai. Pilihan lainnya adalah kombinasi coklat dan keju yang ditawarkan jasa catering kami. Kombinasi ini buat Anda yang menyukai rasa manis coklat dan rasa asin keju. Lalu bagaimana kalau Anda tak menyukai isian rasa tersebut? Jangan khawatir, karena ada roti buaya original yaitu tanpa isian dapat dipesan.

  1. Bentuk roti buaya dan pengemasannya
baca juga  Jual Roti Buaya di Jakarta

Hal paling penting ketika akan memesan roti buaya di jasa catering adalah memperhatikan bentuk roti buaya. Anda harus bisa menjamin bahwa catering itu mengerjakan roti buaya dengan bentuk yang benar dan rapi. Jangan sampai bentuk roti tersebut penyok atau kurang rapi, lebih parah lagi kalau tidak terlihat seperti buaya dan malah tampilannya seperti kadal cicak.

Inilah sebabnya sangat penting saat order roti buaya lebih baik memesan di jasa catering yang sudah berpengalaman dalam membuat roti buaya. Mereka bisa memastikan bentuk roti buaya yang bagus termasuk dalam hal pengemasannya. Roti buaya ini biasanya dikemas dengan plastik agar tidak kotor dan di bawahnya diberi alas tempat menaruh roti. Setelah itu, nanti roti buaya tidak lupa diberi hiasan, bisa berupa pita warna-warni agar kelihatan semakin cantik. Apalagi roti ini akan dijadikan hantaran dalam lamaran atau pernikahan sehingga kreasi penampilan harus baik.

Jasa catering Pesan Roti Buaya merupakan catering yang berpengalaman. Roti buaya kami dibuat oleh ahli profesional yang sudah lama menyediakan roti buaya. Itulah sebabnya Anda tak perlu ragu order roti buaya Condet di tempat kami sekarang juga!

Sending
User Rating 5 (1 vote)