Roti Buaya di Rawa Belong – Roti buaya menjadi simbol yang penting di dalam pernikahan adat Betawi. Roti ini memaknai pernikahan yang harmonis dan awet serta mapan sebagai harapan dan doa bagi pasangan yang menikah. Sebagai salah satu roti tradisional dari tanah air khususnya berasal dari suku Betawi, roti buaya jelas tak boleh dibuat sembarangan. Roti ini harus betul-betul dibentuk yang bagus sehingga mirip dengan buaya yang asli.

Roti Buaya di Rawa Belong

Roti Buaya di Rawa Belong

Roti buaya sangatlah lekat hubungannya dengan hajatan tradisional adat Betawi khususnya lamaran dan pernikahan. Biasanya roti ini dijadikan seserahan dari mempelai pria kepada mempelai wanita di samping hantaran emas kawin lainnya. Idealnya roti buaya yang dibawa haruslah sepasang yaitu roti buaya jantan dan roti buaya betina karena mereka melambangkan pasangan pengantin yang akan membina rumah tangga.

Buaya diyakini hanya menikah sekali seumur hidup dan itulah sebabnya dengan hantaran roti buaya, ada makna dan doa tersembunyi agar pasangan pengantin bisa menjalani pernikahan dengan awet sampai akhir hayat. Membuat roti buaya sendiri tak boleh sembarangan. Kalau memang belum berpengalaman atau tidak bisa menjamin roti buaya hasilnya bagus, maka sebaiknya Anda pesan roti buaya di Rawa Belong dari jasa catering.

Cara Membuat Roti Buaya Yang Empuk dan Enak

Membuat roti buaya sebenarnya gampang-gampang susah. Gampang karena bahan-bahannya termasuk sederhana, begitu pula dengan cara mengolahnya karena tinggal dipanggang. Hal yang sulit dalam pembuatan roti buaya adalah bagian membentuk dan mencetak adonan roti buaya tersebut sesuai dengan bentuk yang diinginkan. Dalam hal ini bentuknya harus benar-benar seperti roti buaya yang bagus.

Berikut beberapa tahapan / langkah dalam membuat roti buaya yang enak:

  1. Pertama-tama Anda harus menyiapkan beberapa bahan untuk membuat roti buaya yang ingin dimasak. Bahan-bahan tersebut antara lain seperti: 500 gram tepung terigu, 30 gram mentega, 30 gram susu bubuk, 30 gram gula pasir, 500 cc air, 1 sendok makan gist/ pengembang dan garam secukupnya.
  2. Setelah Anda menyiapkan bahan-bahan adonan roti, maka selanjutnya adalah campur semua bahan menjadi satu dengan air secukupnya. Aduk-aduk adonan hingga merata kemudian tambahkan mentega. Aduk lagi sampai adonan mengembang.
  3. Diamkan roti buaya tersebut selama kurang lebih 45 menit sehingga adonan roti bisa mengembang.
  4. Potong-potong adonan roti buaya masing-masing sekitar 50 gram. Pulungi adonan dan biarkan selama 15 menit. Adonan yang sudah dipotong dan dipulungi mulai dibentuk menjadi roti buaya.
  5. Jangan lupa adonan yang dibentuk diletakkan di atas loyang roti yang cukup besar dan sudah diolesi dengan mentega. Kembali biarkan selama 45 menit agar mengembang.
  6. Pangganglah roti buaya itu sampai adonan rotinya berwarna kuning kecoklatan alias matang. Setelah itu angkat dan roti buaya siap dihiasi dan dibawa sebagai hantaran.

Cara membuar roti buaya di atas adalah roti buaya original yang tanpa isian. Anda juga bisa memesan roti buaya di jasa catering yang jual roti buaya di Rawa Belong aneka rasa atau isi. Roti buaya dapat diisi dengan bermacam-macam rasa, misalnya selai buah seperti stroberi dan blueberry maupun coklat serta keju. Ada lagi kombinasi rasa dari campuran keju dan cokelat. Semua dapat dipesan sesuai dengan selera pembeli.

Ukuran Roti Buaya Yang Cocok Dijadikan Hantaran

Sebetulnya ukuran roti buaya itu bermacam-macam dan dapat disesuaikan dengan selera. Namun untuk hantaran pernikahan memang sebaiknya membeli roti buaya yang ukurannya agak besar, misalnya antara 40 cm hingga 80 cm. Bahkan ada juga mereka yang menghantarkan roti buaya dengan ukuran sekitar satu meter lebih.

Bagi Anda yang berdomisili di Jakarta, maka Anda dapat order roti buaya langsung dari jasa catering roti buaya di Rawa Belong. Di catering kami, bisa dipilih satu paket roti buaya dengan ukuran kecil kurang lebih 40 cm dan ukuran besar 80 cm. Roti buaya ini dijual tanpa rasa atau tanpa isi serta dengan aneka macam rasa.

Roti buaya dibuat tanpa bahan pengawet makanan, namun roti buaya dari kami bisa bertahan selama 3 hari dalam suhu ruangan. Roti buaya ini enak, lembut dan cantik karena selain adonannya yang bagus, roti juga dihiasi agar tampilannya menarik. Satu paket roti buaya dihargai terjangkau dan Anda sudah mendapatkan sepasang roti buaya yaitu roti buaya jantan dan betina.

Roti buaya ini bisa diatarkan langsung ke Rawa Belong dan daerah sekitarnya dengan jasa delivery order dari Pesanrotibuaya.com. Pemesanan roti buaya dilakukan maksimal H-2, namun jika Anda order roti buaya di Rawa Belong H-3 maka Anda dapat promo diskon sebesar 10 persen. Bahkan untuk pengiriman di daerah yang masuk Jadetabek, gratis ongkos kirim! Pesan sekarang juga.

Sending
User Rating 5 (1 vote)