Roti Buaya Pondok Gede – Roti buaya dikenal oleh masyarakat kota Jakarta saat penjajahan kolonial dulu. Bagi orang Eropa pernikahan adalah sesuatu yang sakral dan suci, sehingga memerlukan simbol-simbol yang menunjukkan pernikahan tersebut. Mereka biasanya menggunakan bunga ketika melangsungkan pernikahan. Orang Jakarta saat itu tidak ingin meniru budaya barat tersebut dan mulai mencari gaya dan simbol pernikahan sendiri, seperti roti buaya.

Roti Buaya Pondok Gede

Dipilihnya roti buaya daripada jenis roti lainnya karena ada makna filosofis dari roti tersebut. Hewan buaya dianggap sebagai simbol dari kesetiaan, karena hewan ini hanya kawin dengan satu betina saja seumur hidup mereka. Meskipun pasangan betinanya sudah mati, maka buaya tidak akan kawin lagi. Filosofi yang seperti inilah yang dipilih masyarakat Betawi sebagai simbol penikahan. Harapan mereka terhadap pernikahan ada pada roti buaya, agar hubungan rumah tangga bisa langgeng hingga beranak cucu.

Tips Dalam Memilih Roti Buaya Pondok Gede

Momen pernikahan adalah momen spesial sekali seumur hidup dan spesial. Oleh karena itu roti buaya yang kita pesan juga harus memiliki cita rasa yang enak dan tidak sembarangan beli. Berikut ini adalah tips dalam membeli roti buaya:

  1. Mencermati bentuk roti buaya

Ketika melakukan pesan roti buaya Pondok Gede, hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah memperhatikan bentuk dari rotinya. Penjual roti buaya memiliki desain dan kreasi sendiri dalam membuat roti buaya, sehingga bentuk roti buaya berbeda-beda tergantung pada tokonya. Perhatikanlah bentuk ekor roti buaya tersebut, apakah bentuknya lurus, sedikit melengkung, atau bengkok. Pastikan bentuk roti buaya yang Anda pesan sesuai dengan selera.

  1. Ukuran roti buaya

Ada banyak ukuran roti buaya yang dijual di pasaran, Anda bisa memilih ukuran roti buaya yang paling kecil, sedang, atau paling besar. Roti buaya rata-rata yang paling kecil memiliki ukuran sepanjang 3 sentimeter, 50 sentimeter, 100 sentimeter, hingga 200 sentimeter. Pilihlah ukuran yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan acara pernikahan. Pemilihan ukuran roti yang ideal dan tepat adalah hal yang penting, karena roti buaya nantinya akan dibagikan seusai acara pernikahan. Roti buaya akan dibagikan kepada kerabat atau saudara yang belum menikah, agar menjadi harapan agar mereka segera menemukan jodoh.

  1. Memperhatikan isi dalam roti buaya
baca juga  Roti Buaya Pasar Senen

Roti buaya Pondok Gede enak biasanya memiliki banyak rasa dalam isiannya. Sesuaikan selera Anda dengan isi dalam roti buatan agar bisa dinikmati. Ada banyak jenis rasa roti buaya di sini seperti original, cokelat, rasa keju, rasa strawberry, rasa blueberry, ataupun kombinasi dari rasa tadi. Jenis isian dalam roti buaya bisa Anda diskusikan bersama dengan calon istri dan keluarga. Karena isi dalam roti buaya juga berpengaruh terhadap harga jual.

  1. Perhatikan topping pada roti buaya

Selain memperhatikan isian di dalam roti buaya, Anda juga harus memperhatikan toping yang akan digunakan. Ada banyak varian pada topping roti buaya seperti kismis, cherry, selai, dan banyak jenis topping lainnya. Untuk hiasan topping ini bisa Anda sesuaikan dengan tema acara yang diterapkan. Misalnya jika mengambil tema dengan warna merah yang dominan bisa menggunakan topping cherry atau strawberry.

  1. Jumlah roti yang akan dipesan

Bagian terakhir yang harus diperhatikan saat akan pesan di jasa catering roti buaya Pondok Gede adalah jumlah roti buaya yang akan dipesan. Jumlah roti buaya dalam prosesi seserahan dengan adat Betawi biasanya berjumlah 2 buah dengan ukuran besar dan kecil. Namun bukan berarti Anda tidak bisa memesan lebih dari dua buah roti buaya. Pemesanan roti buaya harus disesuaikan dengan kebutuhan acara.

Untuk diketahui bahwa roti buaya akan dikonsumsi seusai cara, dan ada banyak orang yang ingin mencoba memakan roti buaya tersebut. Roti ini nantinya akan dipotong menjadi ukuran yang kecil dan dibagikan pada tamu yang masih lajang. Membeli roti buaya harus sesuai dengan jumlah tamu yang hadir sehingga semua orang bisa menikmatinya.

Cara Order Roti Buaya Secara Online

Jika Anda merasa kesulitan dalam memilih roti buaya, maka bisa memesannya secara online di daerah Pondok Gede. Roti buaya di daerah ini memiliki cita rasa dan kualitas yang terbaik. Selain itu kebersihan roti buaya ini bisa dijamin dan bisa melakukan pemesanan secara online agar lebih praktis dan mudah. Jika memesan roti secara online Anda bisa memfokuskan diri untuk kegiatan lain seperti menyiapkan alat, mempersiapkan undangan, serta menyiapkan makanan untuk tamu yang akan hadir.

baca juga  Roti Buaya Adat Betawi

Roti buaya Pondok Gede memiliki banyak varian rasa pada isian dan toppingnya. Sehingga ada banyak pilihan yang menjadi alternatif Anda. Selain itu ada banyak testimoni dari orang-orang yang mengatakan bahwa roti buaya ini memiliki rasa yang enak. Lalu ada pula jasa pengiriman, sehingga roti buaya bisa diantarkan langsung ke lokasi acara pernikahan Anda.

Sending
User Rating 5 (1 vote)