Roti Buaya Lamaran – Dalam acara lamaran maupun pernikahan orang Betawi biasanya disuguhkan berbagai macam hantaran atau seserahan dari calon mempelai pria kepada calon mempelai wanita yang ingin dilamar. Di hari spesial ini, keberadaan roti buaya tak bisa terlepas dari nilai-nilai budaya masyarakat Betawi asli yang setia membawa roti khas atau roti tradisional ini sebagai hantaran pada saat acara lamaran tersebut.

Roti Buaya Lamaran

Roti buaya sendiri sudah lama dikenal sejak dahulu yaitu pada jaman bangsa Eropa masuk ke tanah air. Dari sana, masyarakat Betawi yang tinggal di Batavia atau sekarang dikenal sebagai ibu kota Jakarta membuat adat acara lamaran dan pernikahan dengan seserahan roti buaya. Roti ini sebagai perlambang kesetiaan pasangan yang sebentar lagi akan membina rumah tangga agar keluarga mereka selalu awet dan harmonis. Hal ini karena hewan buaya dipercaya merupakan hewan yang setia karena hanya satu kali menikah seumur hidup.

Roti Buaya Lamaran Spesial Yang Enak dan Empuk

Roti buaya lamaran di Jakarta seringkali dibawa oleh keluarga mempelai pria saat hendak melamar ke keluarga mempelai wanita. Lamaran ini juga menjadi ajang pertunangan bagi calon pasangan. Roti buaya dibuat dengan ukuran yang cukup besar, biasanya sepasang yaitu roti buaya jantan dan roti buaya betina. Ukuran roti buaya jantan umumnya lebih besar daripada roti buaya betina. Roti buaya betina sendiri ada yang diletakkan di bagian samping atau ditaruh di atas punggung roti buaya jantan.

Roti buaya saat acara seserahan lamaran pada jaman dahulu hanya dibuat untuk pajangan. Jadi tidak dibuat untuk dimakan. Roti buaya diolah kemudian dibuat sekeras mungkin kemudian dibiarkan begitu saja sebagai pajangan dan tak dimakan. Bahkan dibiarkan membusuk karena hal ini jadi simbol pernikahan harmonis yang awet sampai akhir hayat. Namun sekarang roti buaya bisa dimakan dan justru hasil roti buaya dibuat empuk dan enak dengan berbagai macam isian rasa.

baca juga  Pesan Roti Buaya Di Cilandak

Roti buaya adalah roti perayaan sehingga tidak setiap hari ada. Kalau ingin membawanya pada acara lamaran, maka harus pesan roti buaya lamaran di tukang roti atau jasa catering. Sebetulnya membuat roti buaya ini tak terlalu sulit karena bahan-bahan adonannya yang sederhana seperti telur, garam, tepung terigu, gula pasir, margarine, ragi, susu bubuk dan bisa ditambahkan bahan perwarna sebagai bagian hiasannya. Setelah itu adonan dicampur dan diaduk. Kalau sudah jadi adonan mulai dibentuk menjadi buaya dan dipanggang dalam oven sampai matang warnanya berubah kecoklatan.

Roti buaya ini juga bisa dipesan dengan aneka macam rasa tergantung selera masing-masing yang memesan. Biasanya aneka rasa roti buaya yang banyak dicari seperti:

  • Roti buaya rasa coklat
  • Roti buaya rasa keju dan coklat
  • Roti buaya selai stroberi
  • Roti buaya selai blueberi
  • Roti buaya keju

Selain itu ada juga yang lebih menyukai roti buaya tanpa rasa atau seperti original roti buaya jaman dahulu. Cukup beritahu pada catering saat pesan.

Harga Roti Buaya Lamaran Yang Murah

Setelah lamaran, biasanya roti buaya akan dibagi-bagikan kepada para kerabat, tamu undangan atau tetangga yang masih lajang sebagai sebuah doa agar mereka bisa segera mendapatkan jodoh. Meskipun roti buaya merupakan ciri khas dari lamaran dan pernikahan tradisional Betawi, akan tetapi di jaman ini masih banyak sekali mereka yang mengadakan lamaran / pernikahan modern namun tetap membawa roti buaya untuk hantaran. Hal ini karena roti buaya sudah menjadi bagian kebudayaan masyarakat Betawi khususnya mereka yang berdomisili di Jakarta.

Harga roti buaya lamaran sendiri bermacam-macam tergantung ukuran dan rasanya. Oleh karena itu sebelum memesan roti buaya, sebaiknya bertanya terlebih dahulu berapa harga roti buaya yang mereka jual. Saat ini tidak banyak catering yang menjual roti buaya untuk acara lamaran dan pernikahan. Kadang ada juga yang menjual hanya di bulan-bulan tertentu ketika banyak pernikahan terjadi.

baca juga  Jual Roti Buaya di Condet

Untungnya Anda bisa memanfaatkan penawaran spesial dari jasa catering roti buaya kami yang menyediakan paket roti buaya dengan harga terjangkau. Dalam satu paket roti buaya, Anda sudah mendapatkan:

  • Roti buaya jantan
  • Roti buaya betina

Roti buaya ini ada yang berukuran kecil sekitar kurang lebih 40 cm dan ukuran besar kurang lebih 80 cm. Roti buaya juga tersedia dengan aneka macam rasa yang dapat dipilih. Roti buaya tersebut dibuat dan dipanggang langsung fresh from the oven pada hari-H pengiriman. Anda bisa memesan roti buaya ini maksimal H-2 acara. Namun jika order H-3 berkesempatan dapat promo roti buaya diskon 10 persen.

Roti buaya yang kami buat tanpa bahan pengawet makanan dan dikemas secara rapi agar roti tetap bersih ketika diantarkan. Roti buaya dapat bertahan 3 hari di suhu ruang. Pesanlah roti buaya lamaran enak, empuk dan cantik kami sekarang juga.

Sending
User Rating 5 (1 vote)