Roti Buaya Cibubur – Roti merupakan salah satu makanan yang sampai sekarang banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia setelah nasi. Harga dan varian roti di pasaran pun ada banyak, dari yang sangat murah hingga paling mahal. Salah satu roti yang sering dibuat pada acara-acara penting seperti pernikahan dan lamaran adalah roti buaya. Sebetulnya roti ini cara membuat adonannya sama dengan roti biasa, hanya saja dibentuk menjadi seperti buaya.

Buaya yang melambangkan kesetiaan memang cocok dijadikan hantaran dalam acara lamaran dan pernikahan. Roti yang dibuat dibentuk dari bahan adonan yang lembut, kemudian dipanggang dalam oven menjadi roti buaya enak dengan isian atau tanpa isian. Sayangnya tak semua orang bisa membuat roti buaya apalagi membentuknya menjadi bentuk buaya yang bagus. Jadi, roti buaya yang dibuat sendiri kadang wujudnya kurang bagus dan berbeda alias tidak sama dengan roti buaya yang dipesan di jasa catering roti buaya Cibubur.

Roti Buaya Cibubur

Pemula yang mencoba membuat roti buaya sendiri dengan mengikuti petunjuk resep pun belum menjamin dapat membuat roti buaya yang enak dan tampilannya bagus. Padahal rasa-rasanya sudah mengikuti petunjuk resepnya dengan benar. Hal ini bisa disebabkan beberapa faktor selain kurangnya pengalaman. Berikut di bawah ini akan dibahas lebih lanjut.

Mengapa Membuat Roti Buaya Sendiri Sering Gagal?

Ada banyak alasan dan faktor penyebab yang membuat roti buaya yang dibuat sering gagal, antara lain seperti:

  1. Pemilihan tepung yang salah

Dalam membuat roti apapun termasuk roti buaya, tepung menjadi elemen penting bagi adonan yang dibuat. Sayangnya pemilihan tepung ini kerap diabaikan, padahal tepung akan mempengaruhi apakah roti tersebut bisa mengembang dengan sempurna atau tidak. Saat membuat roti buaya, ada baiknya memilih tepung terigu berprotein tinggi sebab gluten tinggi dibutuhkan untuk membuat roti dapat mengembang baik dan punya tekstur yang lembut.

  1. Persiapan bahan-bahan roti lainnya

Dalam menyiapkan bahan-bahan roti lainnya selain tepung terigu juga penting untuk diperhatikan. Hal ini tidak kalah pentingnya. Saat ingin membuat roti buaya Cibubur yang enak, jangan pernah meletakkan garam bersamaan dengan ragi. Alasannya karena garam bersifat osmosis, sementara ragi merupakan makhluk hidup sehingga kalau keduanya diletakkan bersamaan maka garam tersebut dapat mematikan ragi. Akhirnya ragi jadi kurang efektif dan tidak bisa mengembangkan roti buaya secara sempurna.

  1. Mengaduk dengan tepat

Saat membuat roti juga tidak bisa mengaduk dengan sembarangan, tapi orang kadang sering lupa atau meremehkan hal ini. Cara mengaduk yang tepat dibutuhkan supaya roti yang dihasilkan benar-benar bisa bagus. Bahan roti yang sudah dicampurkan menjadi satu harus diaduk sampai kalis dengan ciri bahan tersebut kelihatan mengkilat dan kalau ditarik membentuk membrane tipis dengan adonan menyatu yang sempurna.

  1. Adonan yang mengembang

Adonan memang harus bisa mengembang baik sebelum dipanggang dalam oven. Ini juga jadi perhatian yang penting. Saat membuat roti buaya, seringkali adonan dikembangkan dalam jangka waktu yang cukup lama. Padahal ini tak baik karena bisa membuat adonan jadi terlalu mengembang dan jangan senang dulu ketika adonan tersebut jadi terlalu mengembang. Sebab ketika adonan akan mengembang ketika dimasukkan dalam oven, nanti mereka akan segera mengempis pada waktu sudah dingin.

Waktu terbaik untuk mengembangkan adonan adalah sekitar 60 hingga 120 menit. Pakai air hangat ketika mengaduk adonan dan setelah itu tutup baskom adonan sampai rapat dengan kain lembab saat didiamkan sambil menunggu mengembang.

  1. Pemanggangan dengan oven

Pada dasarnya pemanggangan sebetulnya bisa dilakukan baik dengan oven modern atau tradisional. Sayangnya memang ketika memanggang roti memakai oven tradisional akan lebih susah ketimbang menggunakan oven modern. Begitu pula ketika membuat roti buaya Cibubur enak. Pertama-tama harus menentukan suhu oven tradisional dengan tepat, setelah itu jangan terlalu sering dibuka tutupnya. Nanti panas di oven jadi kurang stabil.

Roti matang yang sempurna biasanya berwarna cokelat keemasan. Kalau sudah matang harus segera diangkat dari Loyang panas. Kalau dibiarkan terlalu lama nanti rotinya bisa berkeringat kemudian berjamur. Segera pindahkan roti tersebut ke wadah yang kering atau loyang lainnya yang tak panas.

Nah, seperti itulah hal-hal yang harus diperhatikan saat ingin membuat roti buaya dan kesalahan yang sering dilakukan orang ketika membuat roti sehingga hasilnya kurang baik. Memang agak repot membuat roti buaya sendiri, sehingga kalau Anda tidak punya waktu dan tenaga apalagi usaha untuk membuat roti buaya, disarankan untuk pesan roti buaya Cibubur murah dari jasa catering saja.

Pesan Roti Buaya Cibubur Online Yang Enak

Ada jaminan roti buaya yang digunakan sebagai hantaran pasti enak sekaligus tampilannya bagus, mirip buaya betulan. Jasa catering Pesan Roti Buaya menawarkan paket hantaran roti buaya untuk lamaran dan pernikahan dengan harga terjangkau Rp 500 ribu saja.

Isi paketan roti buaya tersebut sudah terdiri dari 2 macam roti buaya isian atau tanpa isi (silahkan dipilih tergantung selera Anda). Lalu buaya juga sudah dikemas secara cantik, jadi tinggal digunakan sebagai hantara dalam acara spesial Anda.

Pengiriman roti buaya ini bisa dilakukan H-1 di malam hari, jadi gimana? Lebih mudah pesan saja, kan, daripada harus repot-repot menghabiskan waktu dan tenaga untuk membuat roti buaya sendiri. Sudah buat roti buaya sendiri dan justru gagal, jelas malah akan mubazir. Jadi akan lebih baik order roti buaya Cibubur untuk daerah Jadetabek saja di tempat kami.

Sending
User Rating 5 (1 vote)