Roti Buaya Jakarta | Umumnya banyak dipesan ketika menjelang acara pernikahan berlangsung. Sebagaimana yang sering dikatakan banyak orang, bahwa Jakarta mempunyai kondisi wilayah yang berbeda dengan yang lain. Dalam tradisi pernikahan di ibu kota, roti buaya menjadi syarat utama yang harus ditepati oleh mempelai pria. Umumnya roti buaya yang diberikan mempunyai ukuran panjang kurang lebih 50 sentimeter, dibawa pihak mempelai pria ketika menyerahkan seserahan. Selain roti buaya, mempelai pria juga diwajibkan untuk memberi uang mahar, alat kecantikan, kain, perhiasan, baju kebaya, selop dan kebutuhan rumah tangga yang lain. Dari beberapa barang yang diberikan tersebut, roti buaya mempunyai posisi paling penting untuk sebuah pernikahan, sehingga roti buaya bisa dibilang menjadi syarat wajib pernikahan yang akan dilaksanakan. Karena roti buaya mempunyai arti tersendiri untuk masyarakat Betawi, roti buaya diartikan untuk ungkapan rasa setia kepada pasangan yang akan menikah dan akan satu suara, sehidup semati.

Sejarah Roti Buaya

Inspirasi roti buaya datang dari perilaku buaya yang hanya kawin satu sekali selama hidupnya. Dan sampai saat ini masyarakat Betawi masih mempercayai hal tersebut turun menurun. Selain terinspirasi dari perilaku Buaya, roti buaya juga menjadi simbol kesetiaan yang diwujudkan dalam bentuk makanan roti yang mempunyai makna khusus. Menurut orang Betawi sendiri bahwa roti buaya juga mempunyai simbol untuk kemapanan ekonomi. Dengan menjadikan roti buaya tersebut dimaksudkan bisa untuk saling setia, sehingga pasangan yang akan menikah juga mempunyai masa depan yang baik dan bisa hidup mapan.

Maka tidak heran jika dalam acara pernikahan, mempelai pria membawa satu pasang roti dengan ukuran besar dan roti buaya berukuran kecil untuk perempuan. Dimana Anda bisa pesan ? langsung saja ke pesanrotibuaya.com. Di dalam websitenya sudah dijelaskan mengenai rasa – rasa roti buaya yang bisa dipilih. Walaupun banyak warga Betawi yang menggelar acara pernikahan dengan cara modern, namun roti buaya tetap menjadi hal yang wajib dan menjadi simbol kesetiaan untuk sebuah pernikahan. Hal itu karena roti buaya sudah mendarah daging di hati warga Betawi. Untuk bisa mendapatkan roti buaya tersebut, Anda tidak bisa lagi mendapatinya melalui toko – toko roti di pinggiran jalan. Hal itu menjadikan pasangan yang akan menikah harus memesan roti buaya melalui website kami. Harga yang ditawarkan pun bermacam – macam, tergantung dengan ukuran yang dipesan, harga mulai dari 50.000 rupiah sampai ratusan juta rupiah. Namun harga sewaktu – waktu berubah, harga yang ditawarkan tentu sudah termasuk untuk keranjang, dan aksesoris lainnya. Roti buaya hanya ada untuk sebuah perayaan acara penting sehingga tidak setiap hari selalu ada. Sehingga menjadikan roti buaya Jakarta dicari banyak orang yang ingin menggelat acara penting. Untuk seluruh warga Indonesia terutama Jakarta tetap pertahankan terus tradisi roti buaya Jakarta sebagai bentuk apresiasi leluhur.

Sending
User Rating 5 (1 vote)