Pesan Roti Buaya Di Jakarta Barat masih menjadi kebiasaan baik warga Jakarta yang asli keturunan Betawi maupun yang tidak. Kebiasaan penggunaan roti buaya sendiri tak lepas dari berbagai simbol maupun keistimewaan yang diberikan roti buaya itu sendiri, seperti:

Roti khas Jakarta

Mungkin sudah banyak yang tahu bahwa Jakarta identik dengan berbagai makanan khas Betawi seperti kue cucur, dodol betawi, maupun kerak telor. Namun diantara sekian banyak kue maupun roti yang ada, roti buaya tetap menjadi salah satu roti khas yang tidak akan dapat dengan mudah Anda jumpai di daerah lain. Hal inilah yang menjadikan roti buaya masih menjadi roti idola yang harus ada terlebih saat pesta pernikahan dilangsungkan.

Roti khas pernikahan

Bagi masyarakat Jakarta sendiri, roti buaya bukan merupakan sembarang roti yang bisa ditemukan di toko kue, roti ini harus dipesan khusus dengan desain dan isian yang disesuaikan dengan keinginan mempelai maupun keluarganya. Roti buaya merupakan roti khas pernikahan yang keberadaannya tidak akan bisa dicampurkan dengan acara lain seperti acara hajatan sunatan atau ulang tahun. Hal ini karena roti buaya dalam pernikahan mewakili 3 simbol, yaitu:

  • Kemapanan

Setiap pria yang membawa roti buaya dalam seserahannya, menandakan bahwa dirinya telah siap secara ekonomi dan mental sebagai kepala keluarga untuk nantinya menghidupi istri dan anaknya dengan segala resikonya. Disamping itu, pemberian roti buaya pada mempelai wanita umumnya juga bertujuan sebagai doa agar adik atau saudara mempelai wanita cepat mapan dan menyusul sang kakak dalam jenjang pernikahan.

  • Kejantanan

Jika dalam kenyataan buaya dikategorikan sebagai hewan dua dunia yang ganas dan tangguh, pemberian roti buaya oleh mempelai pria pada mempelai wanita menyimbolkan ketangguhan sang mempelai pria sebagai sosok suami pelindung istri di kemudian hari. Sehingga orangtua mempelai wanita yang bersangkutan pun akan rela saat putri mereka harus mengikuti suami.

  • Kesetiaan

baca juga  Jual Roti Buaya di Bekasi

Buaya dikategorikan hewan setia karena hanya melakukan satu kali masa kawin. Itu sebabnya roti buaya menyimbolkan mempelai pria yang bersangkutan siap mengarungi bahtera rumah tangga hanya sekali bersama mempelai wanita yang dicintainya, hingga maut memisahkan.

Roti dengan mitos sakral

Hingga kini banyak masyarakat Jakarta yang memesan roti buaya saat menggelar hajatan pernikahan, hal tersebut karena roti buaya identik dengan mitos sakral yang berkembang di masyarakat, dimana ketika Anda membawa roti buaya secara tidak langsung Anda juga meminta perlindungan spiritual untuk melindungi pasangan yang menikah. Sehingga pernikahan yang dilangsungkan dapat bertahan lama. Setelah Anda tahu alasan mengapa roti buaya masih populer hingga sekarang, jika Anda ingin Pesan Roti Buaya Di Jakarta Barat, Anda dapat mencoba mengakses Pesanrotibuaya.com untuk mendapat roti yang diinginkan.

Sending
User Rating 5 (1 vote)