Roti Buaya Pondok Aren – Dalam acara pernikahan adat Betawi, roti buaya sering kali disajikan sebagai hidangan. Roti buaya sering dianggap sebagai simbol kesetiaan, karena buaya semasa hidupnya hanya memiliki satu pasangan saja. Selain itu roti buaya sering dianggap sebagai lambang kesabaran, sehingga sering dianggap sebagai doa bagi pasangan yang akan menikah. Masyarakat Betawi juga beranggapan bahwa roti buaya ini adalah simbol dari kejantanan.

Roti Buaya Pondok Aren

Sebagai hidangan dari masyarakat Betawi yang paling populer, roti buaya dibawa oleh pihak pengantin laki-laki sebagai simbol kesetiaan. Pasangan yang menikah diharapkan agar bisa menjalin hubungan rumah tangga sehidup semati. Dalam prosesi seserahan roti buaya diberikan sepasang, ukuran roti yang kecil melambangkan seorang wanita dan letaknya ada di atas punggung roti buaya yang lebih besar. Namun tidak jarang jasa catering roti buaya Pondok Aren meletakkannya di samping.

Ketika roti buaya dibawa dalam perjalanan, kondisi roti buaya ini harus tetap dalam keadaan mulus dan tidak ada rusak sedikit pun ketika ingin diberikan kepada pengantin perempuan. Hal ini karena roti buaya sejak dahulu dianggap sebagai makanan elit kelas atas. Seusai prosesi akad nikah, roti buaya selanjut diberikan kepada saudara yang belum menikah, agar mereka bisa mendapatkan jodoh secepatnya.

Makna Filosofis Roti Buaya

Pemilihan roti buaya sebagai sajian istimewa dalam adat Betawi melalui proses yang panjang, tetapi bentuk buaya dipilih karena sifat hewan buas ini. Buaya dikenal sebagai hewan yang hanya kawin sebanyak satu kali seumur hidupnya, mereka tidak akan kawin dengan betina lain walau sudah ditinggal mati. Jika di luar negeri dikenal bunga sebagai lambang cinta, maka berbeda dengan masyarakat Betawi yang lebih memilih buaya. Makna lain dari roti ini adalah kesetiaan dalam membina rumah tangga hingga beranak cucu.

baca juga  Roti Buaya dan Harganya

Pada awalnya pesan roti buaya Pondok Aren dibuat dengan tekstur keras dan dibiarkan hingga membusuk. Hal tersebut dilakukan karena menginginkan pasangan yang menikah bisa setia sampai maut memisahkan. Semakin majunya jaman, kebiasaan tersebut sudah mulai ditinggalkan dan membuat roti buaya dengan tekstur halus dan hiasannya yang menarik. Ukuran dari roti buaya ini juga banyak macamnya. Pada umumnya roti buaya memiliki ukuran sekitar 1 meter, namun ada juga yang berukuran 40 sentimeter.

Cara Membuat Roti Buaya

Dalam membuat roti buaya Pondok Aren enak juga tidak terlalu sulit, ada banyak cara yang bisa kita lakukan. Bahan-bahan yang dibutuhkan juga tidak begitu banyak dan mudah ditemukan. Adapun cara membuat roti buaya adalah sebagai berikut:

  • Langkah pertama dalam membuat roti buaya adalah dengan mencampurkan semua bahan bakunya seperti teri dengan protein yang tinggi, lalu memasukkan air es, gula pasir, terigu protein sedang, susu bubuk, alfaga halus, kuning dan putih telur. Lalu semua bahan tadi dicampur dan diaduk sampai merata.
  • Sambil dicampur masukkan margarine, susu butter, garam, dan yang terakhir adalah bacom.
  • Setelah semua bahan tercampur, bentuk roti menjadi bulat. Selanjutnya diamkan adonan tadi selama 30 menit, atau tunggu hingga adonan mengembang.
  • Selanjutnya tekan adonan hingga kempis, potong dan timbang adonan sesuai dengan selera Anda. Diamkan lagi adonan hingga 15 menit.
  • Bentuk adonan menjadi buaya sesuai ukuran yang diinginkan.
  • Setelah itu olesi loyang yang berfungsi untuk memanggang adonan menggunakan margarin.
  • Masukkan loyang tadi bersama adonan roti buaya ke dalam oven, kemudian panggang dengan suhu sekitar 190 derajat celsius selama 30 menit. Roti buaya yang matang akan berwarna kuning kecokelatan. Angkatlah roti buaya selagi masih adalah kondisi yang panas kemudian olesi dengan mentega.
  • Hias roti buaya tadi sesuai dengan keinginan dan roti buaya siap untuk dihidangkan.
baca juga  Roti Buaya di Tambun

Pesan Roti Buaya Pondok Aren

Jika Anda ingin memesan roti buaya untuk kebutuhan pesta pernikahan, maka bisa memesan di sekitar daerah Pondok Aren. Roti buaya di sini terbuat dari bahan dengan kualitas terbaik, dimasak dengan tepat, dan memiliki harga yang terjangkau semua kalangan. Sudah banyak orang yang membeli roti buaya di sini karena memiliki cita rasa yang khas dan nikmat, selain itu mendapatkan pelayanan yang maksimal dari pegawai toko. Kelebihan lain dari roti buaya adalah memiliki tekstur yang lembut sehingga mudah dimakan dan rasa manisnya yang pas.

Pemesanan roti buaya Pondok Aren bisa dilakukan dengan cara datang langsung ataupun secara online. Ada banyak jenis rasa roti buaya di sini seperti original, cokelat, rasa keju, rasa strawberry, rasa blueberry, ataupun kombinasi dari rasa tadi. Roti buaya yang sudah dipesan bisa juga diantarkan ke tempat tujuan. Untuk biaya pengiriman tergantung pada jauh dekatnya lokasi. Namun khusus untuk pengiriman di wilayah yang masuk ke dalam Jadetabek, maka Anda berhak mendapatkan gratis ongkir.

Sending
User Rating 5 (1 vote)