Jual Roti Buaya Untuk Seserahan di Jakarta – Dengan harga yang murah dan pilihan rasa terlengkap. Seserahan adalah berbagai jenis barang dan makanan yang dibawa mempelai pria ke rumah calon mempelai wanitanya. Bisa dibilang seserahan merupakan simbol bahwa seorang laki-laki mampu untuk memenuhi kebutuhan dasar calon istrinya. Oleh karena itu tidak heran jika seserahan berisi barang-barang yang menjadi kebutuhan dasar perempuan seperti pakaian, sepatu, alat make up dan lain sebagainya.

Jual Roti Buaya Untuk Seserahan di Jakarta

Selain itu seserahan yang berupa makanan juga menjadi simbol kesetiaan dan keseriusan pria kepada calon pendampingnya. Hampir seluruh pesta pernikahan di Indonesia menjadikan seserahan menjadi hal yang penting. Akan kurang rasanya jika dalam sebuah pesta pernikahan tidak menyertakan barang atau makanan untuk dijadikan seserahan di dalamnya.

Seserahan dalam budaya Betawi

Ada pepatah yang mengatakan ‘jika ingin melihat buaya putih maka datanglah ke pesta pernikahan Betawi’. Mungkin sekilas akan terdengar mengerikan ketika ada buaya putih dalam sebuah acara pernikahan. Namun tidak perlu khawatir, karena yang dimaksud buaya putih di sini adalah roti buaya. Sudah menjadi sebuah adat dan kepercayaan yang dijalankan secara turun menurun bahwa membawa roti buaya sebagai seserahan adalah hal yang wajib dalam budaya Betawi. Umumnya mempelai pria akan membawa sepasang roti buaya ke rumah calon mempelai wanita sebagai salah satu bagian dari seserahan. Ada 2 filosofi penting yang mendasari hal ini. Kedua filosofi tersebut adalah sebagai berikut :

  1. Roti buaya sebagai simbol kesetiaan. Tujuan utama dibawanya roti buaya sebagai salah satu jenis seserahan wajib adalah karena menjadi simbol dan harapan kesetiaan bagi kedua pasangan. Seperti diketahui, buaya merupakan salah satu binatang buas yang hanya kawin sebanyak 1 kali dalam hidupnya. Oleh karena itu, bisa dibilang bahwa buaya adalah binatang yang paling setia pada pasangannya. Harapan pun disematkan kepada sepasang roti buaya yang dibawa sebagai seserahan agar kedua pasangan saling setia dalam membangun rumah tangga hingga beranak cucu.
  2. Roti buaya sebagai simbol kemapanan. Selain sebagai simbol kesetiaan, roti buaya yang berasal dari bahan dasar roti menjadi simbol kemapanan. Zaman dahulu makanan roti hanya bisa dimakan oleh mereka yang mapan dan berkecukupan secara ekonomi. Tidak hanya saling setia dalam menjalin hubungan rumah tangga, kedua mempelai juga diharapkan untuk memiliki kehidupan yang mapan secara ekonomi dan berkecukupan.

2 filosofi penting ini dipercaya oleh orang Betawi secara turun menurun dan dijadikan sebagai salah satu adat atau kebiasaan dalam acara penikahan. Jadikan roti buaya pilihan sebagai salah satu seserahan wajib Anda dengan pesan di tempat Jual Roti Buaya untuk seserahan di Jakarta.

Berbagai varian roti buaya

Mungkin Anda pernah melihat berbagai jenis ukuran roti buaya yang dibawa oleh mempelai pria berbeda-beda dalam setiap acara penikahan. Memang betul, roti buaya memiliki berbagai jenis ukuran yang dimulai dari 30 cm hingga 3 meter. Harganya saat ini berkisar ratusan ribu rupiah. Tidak ada patokan wajib yang mengharuskan roti buaya dengan ukuran tertentu yang wajib dibawa oleh mempelai pria. Hal tersebut tergantung dari keinginan dan kemampuan dari mempelai pria. Selain ukuran, roti buaya juga memiliki berbagai varian rasa yang bisa dipilih sesuai selera maupun keinginan. Demikian adalah sedikit ulasan mengenai Jual Roti Buaya untuk seserahan di Jakarta.

Sending
User Rating 5 (5 votes)